6 Hal Yang Tidak Boleh Anda Katakan Pada Atasan Anda

6 Hal Yang Tidak Boleh Anda Katakan Pada Atasan Anda

Budaya kerja yang santai dan bos yang ramah bukan alasan bagi Anda untuk mengumbar apa saja pada atasan Anda. Agar reputasi profesional Anda dan hubungan baik dengan beliau terjaga baik, hindari topik ini saat berinteraksi dengan atasan Anda.

1. Kehidupan Pribadi Anda
Dalam benak kebanyakan atasan, ketika Anda di tempat kerja, kehidupan pribadi Anda seharusnya ditinggal di luar pintu. Bahkan jika Anda diajak bicara secara spesifik mengenai topik tertentu, Anda perlu tahu batasan privasi yang tepat. Jadi Anda tidak perlu mendadak curhat mengenai patah hati yang baru Anda alami atau perkara pribadi yang membuat Anda ketinggalan deadline.

2. Kejelekan Perusahaan atau Atasan Anda Dulu
Sedekat apapun Anda dengan atasan Anda kini, jangan pernah membicarakan keburukan perusahaan atau atasan Anda sebelumnya. Atasan Anda sekarang akan bertanya-tanya mengenai loyalitas dan profesionalisme Anda. Jika Anda bisa menjelek-jelekkan bos Anda dulu, mungkin saja Anda juga akan melakukan hal yang sama kepada bos Anda sekarang.

3. Kejelekan Kolega Anda
Menghindari gosip kantor bukan hanya tips yang berlaku untuk interaksi antar kolega. Semenyebalkan apapun kolega Anda itu, tahan diri untuk tidak membicarakannya dengan atasan. Mungkin saja Anda berharap dengan 'membuka kartu', beliau akan lebih simpatik dengan Anda yang harus berhadapan dengan kolega itu sehari-hari. Namun yang ada atasan Anda malahan akan mempertanyakan tentang kecocokan Anda bekerja di perusahaannya dan kemampuan Anda untuk bekerja sama dengan anggota tim.

4. Anda Tidak Menyukai Pekerjaan Anda
Walau hanya dalam konteks bercanda, jangan pernah mengatakan bahwa Anda tidak menyukai pekerjaan Anda atau bosan. Anda tidak pernah tahu bagaimana reaksi atasan terhadap pernyataan Anda. Jangan-jangan atasan Anda malah memutuskan bahwa Anda tidak akan merasa bosan kerja lagi selamanya alias Anda dipecat saat itu juga.

5. Kondisi Keuangan Anda
Anda mungkin merasa sedikit putus asa dan berupaya agar atasan Anda bersimpati dengan menceritakan tentang kesulitan finansial saat Anda menegosiasikan kenaikan gaji, namun hal ini jarang sekali efektif. Lebih baik tetap gunakan data dan alasan rasional untuk meyakinkan beliau.

6. Kata-Kata Makian
Oke, Anda tentu tidak perlu diberitahu lagi kalau memaki atasan Anda sudah pasti tidak akan diterima dengan baik, bahkan jika Anda memang sudah memutuskan untuk keluar. Ketika hal ini terjadi dan tersebar di tempat kerja, reputasi Anda sebagai pegawai profesional sudah pasti akan hancur. Bisa jadi Anda juga di-blacklist perusahaan dan industri.

sumber : qerja.com

Komentar