MENGENAL BERAGAM KELAS LAYANAN PESAWAT DALAM MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA

Kelas Layanan Pesawat Dalam Maskapai Penerbangan Indonesia
Umumnya, terdapat tiga kelas layanan pesawat, yaitu kelas ekonomi, bisnis, dan kelas satu (first class). Layanan kelas bisnis dan first class dalam pesawat berada di baris paling depan dengan tingkat privasi yang lebih tinggi dan layanan yang lebih personal dibandingkan dengan kelas ekonomi. Setiap penerbangan memiliki kode kelas layanan yang menentukan perbedaan kabin dan layanan di pesawat, yaitu Y untuk kelas ekonomi (economy class), C untuk kelas bisnis (business class), dan F untuk layanan kelas satu (first class).

APA YANG MEMBEDAKAN LAYANAN KELAS EKONOMI, BISNIS, DAN FIRST CLASS?

PERBEDAAN HARGA

Jenis Tarif/ fare basis berupa suatu kode yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang menunjukkan tipe tarif, nilai fare, serta ketentuan dan aturan penggunaannya. Orang yang naik Business Class dan First Class hanya melihat jadwal terbaik sedangkan orang yang beli tiket pesawat ekonomi biasanya melihat harga terbaik (ekonomis) tanpa melihat jadwal keberangkatan atau maskapainya.

PERBEDAAN PROSES CHECK-IN DI BANDARA.

Bila menggunakan layanan kelas bisnis, penumpang benar-benar dimanjakan dengan layanan yang terkesan sangat personal dan memudahkan penumpang. Bagi Business Class ada counter khusus untuk check-in, lebih lowong, dan tidak seperti kelas ekonomi yang harus mengantri lama.

PERBEDAAN LAYANAN LOUNGE/ RUANG TUNGGU.

Business Class dan First Class dapat menunggu di Gold Lounge yang menyediakan fasilitas kursi pijat, makanan, minuman, toilet yang bersih, dan layanan lain yang sangat memanjakan para penumpang kelas bisnis. Kalau kelas ekonomi, penumpang harus menunggu di ruangan boarding umum dengan fasilitas kursi untuk menunggu dan wi-fi saja.

PERBEDAAN JENIS KURSI.

Kursi kelas bisnis yang lebih nyaman. Jarak antar kursi yang lebih besar, melegakan kaki, kursi yang super empuk dan luas akan dinikmati oleh Business Class dan First Class. Jangan harap untuk mendapatkan fasilitas ini di kelas ekonomi. Penempatan kursi juga ada di bagian depan (kepala pesawat), sehingga saat ingin naik dan turun ke pesawat, penumpang kelas bisnis tidak perlu melewati antrian yang panjang. Dalam kelas bisnis, juga terdapat pijakan kaki yang lebih nyaman dan luas.

PERBEDAAN PENYAJIAN MAKANAN DI PESAWAT

Business Class dan First Class disiapkan taplak meja, gelas kaca, piring kaca, dan layanan lain yang membuat Anda merasakan berada di restoran bintang lima dengan pilihan menu yang juga beragam. Layanan penyajian makanan juga lebih personal, karena umumnya kelas bisnis yang lebih sedikit kursinya dilayani oleh dua pramugari, dengan fasilitas selimut dan aneka surat kabar yang bisa Anda baca selama penerbangan. Bahkan, dalam layanan kelas bisnis Garuda Indonesia, toilet pun hanya khusus untuk penumpang kelas bisnis.

PERBEDAAN BAGASI

Bagasi menunjukkan batasan jumlah barang check baggage yang bisa dibawa secara cuma-cuma oleh penumpang. Ketentuan IATA menyatakan kelas F (First class) 40 kg, C (Business class) 30 kg, Y (economy class) 20 kg. Dalam kelas bisnis dan kelas utama, penumpang juga tidak perlu berdesakan dengan penumpang kelas ekonomi, karena berada pada tempat yang berbeda.

PERBEDAAN LAYANAN ANTAR JEMPUT PENUMPANG

Dalam kelas bisnis, ketika penumpang ingin naik dan turun pesawat pun menggunakan kendaraan antar jemput yang berbeda dengan kelas ekonomi. Tempat menunggu bagasi juga tak perlu berdesakan seperti penumpang kelas ekonomi.

BERIKUT PERBEDAAN DARI MASING-MASING KELAS LAYANAN DALAM MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA.

1. AIR ASIA INDONESIA (WWW.AIRASIA.COM)

Air Asia Indonesia merupakan asosiasi dari maskapai penerbangan Air Asia yang berpusat di Jakarta, Indonesia, dengan pusat sekunder di Bandara Denpasar di Bali. Maskapai ini terdaftar dalam kategori 1 oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan dengan dukungan jenis pesawat Airbus A320-200 dan Airbus A320neo dalam kegiatan operasionalnya.

KELAS EKONOMI DAN KELAS BISNIS

Indonesia AirAsia memiliki kategori hot-seat dan kelas ekonomi. Tempak duduk hot-seat berada di baris 1 sampai 5 dan di dekat pintu-pintu darurat (12 dan 14). Tempak duduk hot-seat memiliki ruang untuk kaki yang lebih lega. Penumpang yang memilih hot-seat akan mendapatkan fasilitas untuk naik ke pesawat terlebih dahulu. Penumpang yang ingin untuk duduk di tempat yang berada di dekat pintu-pintu darurat diharuskan untuk sehat dan mampu secara fisik.

Penumpang premium bisa mendapatkan layanan Red Carpet dengan keunggulan check-in di area khusus, akses gratis ke lounge, jalur antrian cepat, serta perlakuan bagasi khusus (pengiriman prioritas setelah kedatangan). Layanan Red Carpet tersedia untuk semua penerbangan AK, FD dan QZ berangkat dari tujuan yang dipilih.

PROSES CHECK-IN AIRASIA

Konter check-in AirAsia buka 3 jam sebelum dan tutup 60 menit sebelum jadwal waktu keberangkatan penerbangan. Setibanya di bandara, tunjukkan paspor atau kartu identitas pada saat check-in di Konter dan lanjutkan naik ke pintu gerbang. Penumpang juga dapat menggunakan fasilitas mobile check-in, self check-in, dan check-in online.

PERATURAN BAGASI AIRASIA

Bagasi Tangan. Semua penumpang (kecuali bayi) hanya diperbolehkan membawa satu tas tangan saat berada dalam pesawat asalkan tidak melebihi batas dimensi 56cm x 36cm x 23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg. Tas tersebut harus sesuai di bawah kursi di depan Anda atau dalam kompartemen penyimpanan tertutup di kabin. Barang yang kita bawa apabila memiliki berat yang berlebihan ukuran atau bersifat ofensif tidak akan diizinkan masuk kabin pesawat.
Bagasi Pesawat. Bagasi yang perbolehkan adalah dengan dimensi maksimum 81cm x 119cm x 119cm. Untuk alasan keamanan setiap item individual tidak boleh melebihi 30 kg, meskipun Anda harus tahu bahwa AirAsia tidak memberikan bagasi yang diperiksa dengan gratis. Berat bagasi harus ditentukan dan dibayar selama proses pembelian tiket. Memungkinkan untuk membayar bagasi Anda di bandara, namun diduga biaya akan lebih besar dalam kasus tersebut.
Bagasi Supersize. Bagasi Supersize adalah layanan bagasi AirAsia. Penumpang dapat memilih dari tiga tingkatan penyisihan Bagasi Supersize yaitu Regular, Medium, dan Large. Untuk biaya pemesanan sebelumnya Bagasi Supersize memberikan Anda pilihan untuk membeli dari minimal 15kg hingga maksimal 30kg pada tarif diskon (diskon hingga 50%), sedangkan rata – rata bandara hanya memungkinkan Anda membayar hingga 15kg dan setelah berat berikutnya akan dikenakan biaya sebagai bagasi lebih sesuai tarif yang berlaku. Harga mulai Rp 60.000 untuk tas dengan berat 15 kilo.
MAKANAN DAN MINUMAN

Demikian pula untuk semua maskapai bertarif rendah, AirAsia tidak menawarkan layanan makanan secara cuma-cuma, namun penumpang dapat membeli makanan panas, minuman serta hiburan dalam penerbangan pada setiap pesawat.

2. BATIK AIR

Batik Air adalah maskapai penerbangan jarak jauh. yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air dengan layanan penuh, dirancang untuk mengakomodasi permintaan penumpang kelas menengah sampai kelas atas yang mendukung layanan premium. Batik Air adalah maskapai penerbangan ketiga dari Lion Air Group setelah Lion Air dan Wings Air. Batik Air yang berbasis di Manado mulai beroperasi bulan Mei 2013 dengan enam Boeing B737-900 Extended Range (ER) yang menawarkan 12 kursi kelas bisnis dan 168 kursi kelas ekonomi.

Batik Air menawarkan dua kelas penerbangan, yaitu kelas ekonomi dan bisnis. Penumpang kelas ekonomi memiliki tempat duduk dengan jarak antara kursi 81 cm sedangkan penumpang kelas bisnis memiliki tempat duduk dengan jarak antar kursi 114 cm. Baik penumpang kelas ekonomi maupun bisnis dapat menikmati fasilitas berupa LCD yang terpasang di setiap kursi sehingga dapat menyaksikan film terkini atau bermain games selama penerbangan.

BUSINESS CLASS BATIK AIR

Kelas bisnis Batik Air menawarkan lebih banyak ruang di kabin serta layanan pribadi dan tingkat privasi yang lebih tinggi. Kursi kulit lebih nyaman (ruang kaki yang luas dari 45″). Layanan Kelas Bisnis dilengkapi juga dengan makanan dan fasilitas bagasi gratis hingga 30kg.

FASILITAS

Batik Air akan menyediakan TV pribadi (in-flight entertainment system) di setiap kursi, menyediakan makanan ringan dan makanan gratis, ruang kaki berukuran 35″ dan 45″ untuk kelas ekonomi dan berurutan untuk kelas bisnis, bagasi gratis 15 kg dan 30 kg.

CHECK-IN

Penerbangan domestik Indonesia: check-in biasanya dimulai 2 jam sebelum waktu keberangkatan; check-in counter tutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan.
Penerbangan internasional: check-in dimulai 2,5 jam sebelum waktu keberangkatan; check-in counter tutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan.
PERATURAN BAGASI BATIK AIR

Penumpang Batik Air diperbolehkan membawa satu bagasi tangan ke kabin dengan berat maksimum 15kg (kelas ekonomi) dan 30kg (kelas bisnis). Batas bagasi kabin sama untuk penerbangan domestik di Indonesia dan penerbangan internasional.

FREE BAGGAGE ALLOWANCE

Batik Air menawarkan bagasi gratis baik bagi penumpang kelas ekonomi maupun kelas bisnis. Kebijakan Batik Air adalah menetapkan batas berat bagasi sampai 10 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg untuk kelas bisnis. Tunjangan bagasi ini sama untuk kedua penerbangan domestik dan internasional. Seorang bayi tanpa kursi, tidak berhak atas tunjangan bagasi gratis. Biaya kelebihan bagasi berlaku jika bagasi melebihi batas berat. Penumpang Batik Air juga diperbolehkan membawa satu tas tangan di pesawat.

3. CITILINK (WWW.CITILINK.CO.ID)

Citilink -anak perusahaan Garuda Indonesia- merupakan maskapai bertarif rendah di Indonesia dengan pusat utama di Surabaya. Maskapai ini menawarkan tiket pesawat murah ke 25 tujuan domestik yang populer, termasuk Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Denpasar, Banjarmasin dan banyak lagi. Demikian pula untuk semua maskapai bertarif rendah, Citilink tidak menawarkan kursi eksekutif/bisnis.

Citilink dimulai pada tahun 2001 dengan beberapa Fokker F28, peninggalan dari Garuda tapi tidak sukses dan berhenti beroperasi pada Januari 2008. Delapan bulan kemudian, dengan investasi sebesar $ 10 juta Citilink beroperasi ulang dengan format baru dan dan pesawat yang lebih baru dan lebih besar.

Saat ini maskapai ini terbang ke 24 tujuan dengan 32 pesawat (Airbus A320-200). Pemeliharaan yang sesuai dengan standar yang sama dengan induknya Garuda dan dilakukan oleh Garuda Maintenance Facility Aero Asia, Cengkareng, Jakarta. Penumpang bisa memilih tempat duduk yang diinginkan pada waktu memesan tiket. Harga di setiap baris berbeda, baris 1 yang termahal, baris 2 yang lebih murah, dan seterusnya hingga baris di belakang yang diberikan secara gratis.

CHECK-IN

Konter check-in di bandara akan dibuka 2 jam dan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Penumpang yang datang kurang dari 30 menit sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan tidak akan diterima dan dengan demikian kehilangan hak atas kursi mereka, dan tidak ada pengembalian dana yang akan diberikan.

PERATURAN BAGASI CITILINK

Setiap Penumpang diizinkan untuk membawa ke dalam kabin pesawat satu buah tas standar dengan maksimum berat 7 kg dan ukuran 50x36x23cm. Tas yang melampaui berat dan/atau ukuran standar tersebut diperlakukan sebagai bagasi yang harus dimasukkan ke dalam ruang bagasi pesawat. Citilink membebaskan biaya atas Bagasi yang Dititipkan sebanyak 20 kg per penumpang.

Maksimum bagasi yang Dititipkan adalah 20 kg per bagasi. Anda diperbolehkan menitipkan lebih dari satu Bagasi. Bagasi cuma-cuma tidak diberikan untuk bayi. Barang-barang berikut ini akan dikenakan biaya tambahan : Papan selancar angin, papan selancar, papan layar, paralayang (IDR 100,000), Kereta bayi, kereta lipat, kursi dorong, keranjang bayi, dudukan mobil untuk bayi, kursi roda lipat (IDR 50,000), Tas golf (IDR 100,000), Alat musik (IDR 100,000).

MAKANAN DAN MINUMAN

Demikian pula untuk semua maskapai bertarif rendah, Citilink tidak menawarkan layanan makanan secara cuma-cuma, namun penumpang dapat membeli makanan panas, minuman serta hiburan dalam penerbangan pada setiap pesawat.

4. GARUDA INDONESIA (WWW.GARUDA-INDONESIA.COM)

Garuda Indonesia (kode maskapai GA) adalah maskapai nasional Indonesia, yang berbasis di ibukota negara, Jakarta. Konsep layanan baru Garuda, yang disebut “Garuda Indonesia Experience”, mencakup aspek budaya Indonesia, cita rasa dan pelayanan yang menjadi trademark Garuda Indonesia. Kini, Garuda Indonesia sekarang beroperasi dengan 142 pesawat yang meliputi: ATR 72–600, Airbus A330-200, Airbus A330-300, Boeing 737-300, Boeing 737-500, Boeing 737-800, Boeing 737 MAX 8, Boeing 747-400, Boeing 777-300ER dan Bombardier CRJ1000 NextGen.

KELAS EKONOMI VS EKSEKUTIF GARUDA INDONESIA

Garuda Indonesia memiliki kategori First Class, Executive Class dan Economy Class. Tempat duduk first class dalam Boeing 777-300ER berbentuk suite pribadi dengan kursi ergonomis yang berukuran panjang 208cm dan lebar 55cm dan dapat diubah menjadi tempat tidur datar, lengkap dengan matrasnya. Untuk kategori Eksekutif , tempat duduknya juga ergonomis dengan ruang kaki yang luas dengan kelegaan sebanyak 106cm. Untuk kategori Ekonomi, tempat duduknya memiliki kelegaan dengan ruang buat kaki sepanjang 78cm.

FASILITAS DALAM KABIN KELAS EKONOMI (JARAK DEKAT)

Kelas ekonomi terdapat dalam penerbangan jarak dekat dengan fasilitas kursi 30-32 inchi, kecuali di New Generation 737, yang menggunakan fasilitas kursi 31-32 inchi. Lebar Tempat duduk pada kedua jenis adalah 17 inci. Selimut dan bantal tambahan harus dipesan terlebih dahulu.

FASILITAS DALAM KABIN KELAS EKONOMI (JARAK JAUH)

Lebar Tempat duduk kelas Ekonomi untuk jarak jauh pada pesawat Garuda adalah 17 inci. Pada Boeing 747, Lebar kursi adalah 32-35 inci dan pada Airbus A330 Lebar kursi adalah 33-34 inci. Semua kursi di pesawat ini memiliki TV layar sentuh 9 inci dengan pengendali jarak jauh kursi belakang.

KELAS EKSEKUTIF (BISNIS JARAK DEKAT)

Tempat duduk kelas Bisnis di pesawat Garuda dengan jarak pendek dan konfigurasi 2-2. Pada kebanyakan pesawat, Garuda menawarkan lebar kursi 42-44 inci, tetapi pada Boeing baru seri 737 terbaru, hanya 41 inci. Pada penerbangan internasional, disajikan makanan panas Eropa dan Asia. Makanan Jepang juga tersedia di dalam pesawat dengan keberangkatan ke Jepang. Makanan di Cina disajikan dengan gelas kristal. Anggur merah/putih, champagne, minuman keras, bir dan minuman ringan juga ditawarkan dalam perjalanan ke Perancis dan Australia. Termasuk makanan panas untuk penerbangan domestik lebih dari satu jam.

KELAS EKSEKUTIF (BISNIS)

Kelas bisnis Garuda sedang menggunakan Airbus A330-200 memiliki kursi Flat-Bed baru dengan lebar kursi 74 inchi dan bisa berbaring hingga 180 derajat. Layanan kelas bisnis Garuda juga dilengkapi dengan kursi dengan layar sentuh LCD 11 inci disandaran dengan AVOD pada setiap kursi, power supply laptop di kursi, dan bacaan ringan pribadi. Pada 747, sandaran kursi adalah 46-48 inci dan lebar 19 inci, dengan sudut berbaring sedikit. Pada A330-300, luas sandaran kursi adalah 58 inci dan lebar 21 inci dan Anda dapat berbaring sedikit lebih baik.

COUNTER CHECK-IN

Penumpang disarankan untuk check-in di bandara setidaknya 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik, tetapi lebih baik tiba di bandara lebih awal. Setibanya di bandara, menunjukkan paspor atau kartu identitas di check-in counter dan melanjutkan ke ruang tunggu. Check-in dibuka 2 jam sebelum jadwal keberangkatan dan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan.

ONLINE CHECK-IN

Online check-in berlaku antara 24 sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan di www.garuda-indonesia.com. Anda harus memiliki informasi e-tiket tersedia – nomor tiket, Nama Penumpang Rekam dan Kode Pemesanan. Penumpang dianjurkan tetapi tidak diperlukan untuk mencetak tanda terima check-in yang akan ditukar dengan boarding pass di bandara check-in counter. Penumpang diminta untuk melaporkan dokumen perjalanan pada counter check-in paling tidak 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk verifikasi dan check-in bagasi.

PERATURAN UNTUK BAGASI

Penumpang diperbolehkan untuk membawa hanya satu tas/koper dengan maksimum ukuran 56cm x 36cm x 23cm. Sebagai tambahan Anda dapat membawa item kecil lainnya seperti tas atau laptop. Harap perhatikan bahwa sesuai dengan kebijakan koper, berat total dari semua bagasi tangan kabin harus maximum 7 kg. Untuk Garuda Frequent Flyer, terdapat fasilitas bagasi gratis bagi pemilik kartu: Silver (5kg), Gold dan EC Plus (15kg), Platinum dan Co-Brand (20kg).

LOUNGE BISNIS (EKSEKUTIF)

Lounge Eksekutif Garuda dapat diakses oleh pelanggan yang bepergian menggunakan Kelas Eksekutif atau anggota Garuda Indonesia Frequent Flyer Platinum dan Gold atau anggota Eksekutif Kartu Plus dan Pemegang Kartu Kredit Citibank. Lounge Bisnis (Eksekutif) tersedia di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Ngurah Rai International Airport.

Lounge menawarkan berbagai fasilitas kelas dunia seperti ruang VIP, pusat bisnis dilengkapi dengan ruang pertemuan dan terakhir dukungan IT, ruangan yang tenang untuk bersantai, refreshment area lengkap dengan shower, area hijau dan ruang berdoa. Fitur dan fasilitas termasuk : Wireless Internet Connection, Logging Internet gratis, fotokopi gratis, panggilan lokal gratis dan soket pengisian ponsel. Lounge dirancang dengan prasmanan besar dengan berbagai macam makanan dan minuman yang termasuk makanan tradisional.

Selama check-in, pelanggan yang memegang tiket kelas Eksekutif, anggota Garuda Indonesia Frequent Flayer Gold dan Platinum, anggota Eksekutif Kartu Plus dan pemegang Kartu Kredit Citibank akan menerima Kartu Undangan untuk masuk Eksekutif lounge Garuda Indonesia.

GARUDA MILES

Garuda Miles adalah program premium khusus yang memungkinkan penumpang untuk mendapatkan manfaat dari jarak yang telah ditempuh, seperti kemampuan untuk menggunakan check-in di counter khusus, mendapatkan bagasi ekstra atau akses gratis ke ruang tunggu eksklusif.

LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN GARUDA

Sebagai bagian dari layanan Plus-Plus Kelas Ekonomi, minuman dan makanan ringan disajikan pada semua keberangkatan dan makanan panas tersedia ketika penerbangan melebihi 60 menit, tanpa biaya tambahan. Jika Anda memiliki persyaratan makanan khas (seperti makanan diabetes atau vegetarian, makan anak, dll.) silahkan menghubungi Call Centre dan menginformasikan pada staf Garuda.

FREQUENT FLYER

Garuda Indonesia melakukan program berlangganan, dikenal sebagai Garuda Frequent Flyer (GFF). Sebagai anggota GFF, setiap kali Anda bepergian dengan Garuda Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengumpulkan point, yang dapat digunakan untuk mendapatkan Award Tiket atau Upgrade Award. Keunggulan lainya, Anda dapat memberikan Award Tiket atau Upgrade Award kepada anggota keluarga atau rekan. Selain itu, keanggotaan GFF juga memberikan Anda kenyamanan menikmati hak eksklusif sesuai dengan tingkat keanggotaan Anda, seperti counter check-in khusus, bagasi tambahan dan akses ke Garuda Indonesia Executive Lounge. Untuk rincian lebih lanjut Periksa di gff.garuda-indonesia.com.

5. KAL STAR (WWW.KALSTARONLINE.COM)

Kal Star Aviation merupakan sebuah maskapai penerbangan swasta yang berpusat di Serpong (Jawa, Indonesia). Kal Star melayani rute kurang populer (terutama di daerah Kalimantan, Jawa dan Nusa Tenggara), mencoba untuk menemukan pangsa pasar sendiri di pasar penerbangan Indonesia. Armada Kal Star Airlines terdiri dari tiga ATR42, dua boeing 737-300 dan satu pesawat Boeing 737-500. Maskapai penerbangan Kal Star memiliki satu kelas penerbangan, yaitu Economy Class.

CHECK-IN

Konter cek-in dibuka 2 jam dan ditutup 45 menit sebelum jadwal keberangkatan. Penumpang yang datang kurang dari 30 menit sebelum waktu keberangkatan yang dijadwalkan tidak akan diterima. Anda harus membawa tiket dan kartu identitas atau paspor yang masih berlaku untuk identifikasi di konter check-in.

PERATURAN BAGASI KAL STAR AVIATION

Ketika terbang bersama Kal Star Air, penumpang diperbolehkan membawa bagasi tangan dengan berat maksimum 10 kg dan dimensi 40cm x 30cm x 15cm. Bagasi bebas biaya yang diperiksa harus memiliki berat total sampai 20 kg (Boeing) atau 10 kg (ATR42).

6. LION AIR

Lion Air menjadi pilihan nomor satu bagi penumpang saat kedatangannya menjadi operator bertarif-rendah di Indonesia. Merupakan maskapai swasta terbesar dengan jumlah armada lebih dari 100. Terus-menerus memperluas layanannya, Lion Air menjadi maskapai yang sangat penting di pasar udara Indonesia. Didirikan pada tahun 1999, mulai beroperasi pada bulan Juli tahun 2000 dengan rute tunggal, Jakarta ke Pontianak.

Sejak saat itu tumbuh sebagai maskapai domestik terbesar di Indonesia (untuk setiap penerbangan Lion Air memiliki 12 kelas tiket, dan sistem yang memastikan bahwa penerbangan tidak berjalan pada kerugian). Lion Air sekarang beroperasi dengan Boeing 737-900ER, Boeing 737-300, Boeing 737-400 dan Boeing MD-90. Wings Air, bersama-sama dengan Batik Air, Thai Lion Air, Malindo Air dan Lion bizjet, merupakan salah satu anak perusahaan dari Lion Air. Lion Air menawarkan kelas bisnis / eksekutif pada beberapa rute, sementara Wings Air berfokus pada kelas dasar saja.

KELAS BISNIS VS KELAS EKONOMI LION AIR

Kelas bisnis Lion Air menawarkan lebih banyak ruang di kabin serta layanan personal dan tingkat privasi yang lebih tinggi. Kursi kulit lebih nyaman (ruang kaki yang luas dari 38″), penumpang juga dapat menikmati makanan dalam penerbangan – pilihan yang tersedia di Kelas Ekonomi jarak jauh, penerbangan internasional. Pelanggan kelas bisnis juga mendapatkan akses ke ruang pribadi.

Lion Air kelas ekonomi menawarkan ruang yang lebih dalam kabin (ruang kaki yang luas dari 29″ dengan jok kulit). Bagasi gratis 15 kg untuk penerbangan domestik dan 20 kg untuk penerbangan Internasional. Tidak ada pilihan untuk hiburan dalam penerbangan, hidangan disediakan secara cuma-cuma.

PASSPORT CLUB

Passpor Club adalah program premium khusus yang memungkinkan penumpang untuk menikmati manfaat dari terbang dengan operator, seperti mendapatkan Lion miles dan dapat ditukarkan untuk tiket penerbangan gratis, prioritas check-in, akses gratis ke ruang tunggu pribadi dan bagasi tambahan.

CHECK-IN DAN WAKTU BOARDING

Penerbangan domestik Indonesia: check-in biasanya dimulai 2 jam sebelum waktu keberangkatan; konter check-in tutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan. Penerbangan internasional: check-in dimulai 2,5 jam sebelum waktu keberangkatan; konter check-in tutup 45 menit sebelum waktu keberangkatan. Prioritas check-in dan boarding tersedia bagi anggota Passport Club Lion Air.

Untuk Lion Air, penumpang dapat memilih kursi pesawat jika melakukan check-in online, tanpa biaya tambahan. Apabila check-in di counter Lion Air di bandara, penumpang tidak dapat memilih tempat duduknya karena pemberian kursi tergantung kursi yang tersedia yang belum dipesan penumpang lain online. Tempat duduk di dekat pintu atau jendela darurat hanya diperuntukan penumpang dewasa yang mampu membantu di saat keadaan darurat.

PERATURAN BAGASI LION AIR

1. Bagasi kabin
Penumpang diperbolehkan membawa satu tas jinjing dengan berat maksimum 7 kg dan dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm ketika berada dalam pesawat. Batas bagasi kabin sama untuk penerbangan domestik di Indonesia dan untuk penerbangan internasional.

2. Bagasi bebas biaya
Lion Air menawarkan kelas tempat duduk ekonomi dan bisnis. Lion Air menetapkan kebijakan batas berat bagasi sampai 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg untuk kelas bisnis. Bagasi ini sama untuk kedua penerbangan domestik dan internasional. Bayi yang tidak disediakan kursi tidak memiliki hak untuk check-in bagasi bebas biaya. Papan selancar dan sepeda juga bisa dimasukkan ke dalam bagasi dengan tanpa tambahan biaya.

7. MALINDO AIR/LION AIR GROUP (WWW.MALINDOAIR.COM)

Berdiri pada tahun 2013, Malindo air adalah salah satu maskapai indonesia berbiaya rendah dengan kantor pusat di Selangor, Malaysia. Dikenal sebagai maskapai baru, Malindo terus menerus menambah penawaran ke berbagai tujuan (termasuk tujuan internasional). Malindo Air dibentuk sebagai kerjasama antara National Aerospace dan Defence Industries (NADI) dari Malaysia dan Lion Air dari Indonesia dan telah menjadi maskapai hybrid pertama di wilayah ini. Nama Malindo berasal dari nama dua negara-Malaysia dan Indonesia. Total jumlah dari maskapai pesawat adalah 19, terdiri dari unit pesawat ATR 72-600, Boeing 737-900ER dan Boeing 737-800.

CHECK-IN DAN BOARDING

Cek di konter check in di bandara penerbangan domestik 2 jam sebelum keberangkatan atau 3 jam untuk penerbangan internasional dan ditutup 45 menit sebelum pesawat terbang. Pintu gerbang menutup 15 menit sebelum standar waktu keberangkatan.

BAGASI TANGAN

Setiap penumpang diperbolehkan untuk membawa 1 tas standar dengan berat maksimum 7 kg dan berukuran 40x30x20cm ke bagasi kabin. Bagasi yang tidak sesuai dengan berat dan/atau ukuran standar harus diperiksa. Tas stroller dengan dimensi seperti ketentuan diatas diizinkan. Gratis bagasi : Kelas Bisnis 40kgs, 15kgs Kelas Ekonomi. Tidak ada bagasi gratis untuk bayi.

LAYANAN PENERBANGAN

Serupa dengan semua maskapai penerbangan murah, Malindo tidak menawarkan layanan makanan free-of-charge. Makanan dan minuman hanya dapat dibeli di pesawat.

8. NAM AIR (WWW.FLYNAMAIR.COM)

Nam Air, beroperasi di bawah Sriwijaya didirikan di Jakarta pada tahun 2013 dan secara resmi diluncurkan pada tanggal 1 Oktober 2013 di Gedung Teater Jakarta. Nam Air adalah maskapai penerbangan kisaran menengah, menawarkan Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi. Maskapai ini didasarkan untuk mendukung penerbangan maskapai utama, Sriwijaya. Jumlah maskapai pesawat adalah 2 yang terdiri dari unit Boeing 737-500. Usia rata-rata armada adalah 20 tahun.

CHECK-IN DAN BOARDING

Penumpang diperbolehkan untuk check-in paling lambat 2 jam sebelum waktu standar penerbangan dan 45 menit pintu chek in akan di tutup.

BAGASI PEMERIKSAAN

Setiap penumpang diperbolehkan untuk membawa maksimal 20 kg bagasi. Anda dapat membawa bagasi yang berbeda, tapi berat seluruhnya tidak melebihi 20 kg, jika tidak maka berat tambahan harus dibayar. Untuk informasi tentang biaya tambahan, silakan hubungi maskapai langsung. Kami menyarankan Anda untuk tidak menyimpan barang-barang berharga Anda di dalam bagasi.

LAYANAN PENERBANGAN

Serupa untuk semua penerbangan jarak menengah, Nam Air melayani makanan dan minuman gratis di pesawat. Penumpang yang bepergian di Kelas Bisnis disajikan dengan makanan hangat secara gratis dan juga makanan penutup.

9. SRIWIJAYA (WWW.SRIWIJAYAAIR.CO.ID)

Didirikan pada tahun 2003, Sriwijaya Air merupakan salah satu dari tiga maskapai yang memiliki layanan-penuh di Indonesia, beroperasi di sebagian besar rute domestik yang populer. Meskipun tidak digolongkan sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah, penumpang yang menghargai harga tiket lebih rendah juga akan akan mendapatkan suatu penawaran dari Sriwijaya.

Sriwijaya Air merupakan sebuah maskapai penerbangan Indonesia yang berpusat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Maskapai ini didirikan dan mulai beroperasi pada bulan November 2003. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan ke sekitar 41 tujuan : 42 penerbangan domestik dan 2 internasional (Penang dan Singapura).

Sejak 2012, Sriwijaya Air mempunyai kelas ekonomi khusus yang dinamakan ‘executive class’. Penumpang tidak bisa memilih tempat duduk yang diinginkan secara online. Untuk mendapatkan tempat duduk di baris lebih depan, atau supaya bisa duduk bersama rombongan, penumpang sebaiknya datang lebih awal ke cek-in counter.

CHECK-IN

Penumpang Sriwijaya Air diharapkan untuk menyelesaikan proses cek in setidaknya 1 jam 45 menit sebelum jadwal penerbangan. Cek-in dapat dilakukan di konter cek in di bandara. Setibanya di bandara, tunjukan paspor atau kartu identitas di konter cek-in dan lanjutkan ke gerbang boarding. Untuk penerbangan internasional Anda juga harus membawa paspor Anda.

LAYANAN PENERBANGAN

Penerbangan Sriwijaya Air, penerbangan dengan layanan penuh seperti lainnya yang sudah termasuk makanan (penerbangan pendek dari 1 jam biasanya camilan dingin).

10. THAI LIONAIR (WWW.LIONAIR.COM)

Thai Lion Air adalah maskapai penerbangan murah milik Malaysia dengan slogan: Kami membuat orang terbang. Perusahaan ini didirikan pada 2013 dan di 4 Desember 2013 ada pembukaan penerbangan dari Bangkok ke Chiang Mai. Kantor pusat Thai Lion Air adalah di Distrik Don Mueang, Bangkok.

Pada 10 Desember, Thai Lion Air dan Malindo Air menyimpulkan perjanjian yang memungkinkan kedua maskapai untuk melayani penerbangan antara Kuala Lumpur dan Bangkok. Jumlah maskapai pesawat adalah 11 yang terdiri dari unit Boeing 737-900ER, masing-masing dengan 215 kursi.

CHECK-IN DAN BOARDING

Chek-in di counter membuka dua (penerbangan domestik) atau tiga (penerbangan internasional) jam dan ditutup 45 menit sebelum waktu standar keberangkatan.

LAYANAN PENERBANGAN

Sebagai maskapai penerbangan murah, Thai Lion Air tidak melayani makanan dan minuman gratis di kapal. Penumpang tidak diperkenankan membawa sendiri makanan minuman mereka di dalam pesawat, tetapi mereka dapat membelinya diatas pesawat (makanan dan minuman yang disediakan oleh maskapai).

11. XPRESS AIR (WWW.EXPRESSAIR.BIZ)

Xpress Air merupakan maskapai yang berpusat di Makassar yang mengkhususkan diri untuk beroperasi di bagian timur Indonesia, seperti Ternate, Sorong dan Jayapura. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan ke 37 tujuan, dengan fokus utama di Indonesia bagian Timur termasuk beberapa tujuan di Papua seperti Kaimana, Fak-Fak, Manokwari, Nabire, Tanah Merah dan Babo. Xpress Air mengoperasikan 22 armada pesawat Boeing 737-200 yang terdiri dari, Boeing 737-300, Boeing 737-500 dan Dornier Do-328.

PERATURAN BAGASI XPRESS AIR

Ketika terbang dengan Xpress Air, penumpang bisa membawa bagasi bebas biaya dengan berat total hingga 20 kg.


sumber : tiket2.com

Komentar