Trik Mudah Untuk Mengingat Nama Kenalan Baru

Di sebuah acara networking atau saat baru dikenalkan dengan seorang kolega, Anda saling bertukar nama dan informasi. Semua baik-baik saja... sampai kemudian nama mereka menghilang begitu saja dari ingatan.

Jika Anda kesulitan mengingat nama orang yang baru saja dikenalkan pada Anda, atau nama teman kerja di kantor baru, coba salah satu trik ini untuk mengingat nama mereka dengan lebih mudah, dan bagaimana cara berkelit jika Anda keburu lupa.

1. Menyebut Nama Berulang-Ulang
Teknik mengingat nama tidak ada bedanya dengan teknik menghafal: semakin sering Anda mengucapkannya, semakin 'menempel' di otak Anda.

Misalnya Anda baru dikenalkan dengan seseorang bernama Timo, pastikan Anda langsung menyebut ulang namanya. "Hai Timo, nama saya XXX. Kerja di mana, Timo?"

2. Asosiasi Nama 
Anda dapat mencoba mengasosiasikan nama mereka dengan penampilan atau informasi yang Anda dapatkan saat berbincang-bincang.
Ketika Anda sedang berkenalan, coba perhatikan fitur fisik mereka. Misalnya A memiliki rambut panjang, jadi ingat-ingatlah kalau "A itu yang rambutnya panjang". Jika orang tersebut kebetulan memiliki nama yang unik, Anda juga bisa mencoba mengasosiasikannya dengan nama benda yang mirip, kemudian visualisasikan benda tersebut setiap Anda melihat sang kenalan.
Jika Anda sudah bercakap-cakap dan mendapat informasi tambahan tentang orang tersebut, bisa juga coba kaitkan dirinya dengan sepotong informasi. Misalnya koneksi Anda bekerja sebagai koki, coba bayangkan ia sedang memasak dengan topi koki. Menurut para ahli, asosiasi visual akan membuat informasi lebih mudah diserap.

3. Visualisasikan Nama Mereka di Dahi
Coba bayangkan kalau nama kenalan baru Anda tertulis di dahinya. Yup, coba saja! Trik ini konon juga dipakai oleh Franklin Roosevelt, loh.


KALAU TELANJUR LUPA

Bagaimana kalau telanjur lupa? Tentu rasanya memalukan bukan main. Kadang malah berisiko menyinggung lawan bicara Anda. Daripada Anda terbata-bata, coba salah satu trik ini.

1. Tanyakan Nama Belakang
Tanyakan kembali nama lawan bicara Anda dan mereka otomatis akan menyebutkan nama depan, lalu katakan "Maksudnya nama belakang". Berpura-puralah kalau yang Anda tanyakan adalah nama belakang, padahal sebetulnya yang Anda incar adalah nama depan yang Anda lupakan tadi.

2. Minta Kartu Nama
Tentu saja tidak ada yang akan tersinggung jika Anda meminta kartu nama mereka, kan?

3. Minta Kontak Sosial
Minta kontak email, Twitter atau aplikasi messaging. Nama mereka akan muncul di ponsel Anda dan ini juga akan memudahkan Anda untuk menghubungi mereka lain kali.

4. Kenalkan Pada Teman
Kenalkan teman Anda pada koneksi baru Anda dan mereka otomatis akan mengenalkan diri, jadi Anda bisa menangkap kembali nama mereka!

Anda yang mudah lupa, bagaimana cara Anda mengingat nama kolega yang baru dikenalkan?

sumber : www.qerja.com

Komentar