Kisah 5 ekor Monyet

Kisah Motivasi dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh para profesor di China, ada dua ekor monyet yang dimasukkan kedalam satu ruangan kosong secara bersama – sama. Kita sebut aja monyet tersebut Monyet A dan B. Di dalam ruangan tersebut ada sebuah tiang yang dipasangi beberapa pisang yang telah matang. Apa yang akan dilakukan kedua monyet tersebut menurut Anda?

Setelah membiasakan diri dengan keadaan lingkungan di dalam ruangan tersebut mereka muali mencoba meraih pisang – pisang tersebut. Monyet A yang mula-mula mencoba menaiki tiang. Begitu monyet A berada ditengah tiang, sang profesor menyemprotkan air kepadanya sehingga terjatuh . Monyet A mencoba lagi, dan disemprot, jatuh lagi, demikian berkali-kali sampai akhirnya monyet A menyerah. Giliran berikutnya monyet B yang mencoba, mengalami kejadian serupa dan akhirnya menyerah pula.

Berikutnya kedalam ruangan dimasukkan monyet C. Hal yang menarik adalah, para profesor tidak akan menyemprotkan lagi para monyet jika mereka naik. Begitu monyet C mulai mendekati tiang, dia langsung ditarik oleh monyet A dan B. Mereka berusaha mencegah agar MOnyet C tidak mengalami kesialan yang dialami seperti mereka. Oleh karena dicegah memanjat keatas, monyet C akhirnya takut juga dan tidak pernah mencoba menaiki tiang tersbut.

Langkah selanjutnya yang dilakukan oleh para profesor adalah mengeluarkan para monyet A dan B, serta memasukkan monyet D dan E. Sama seperti monyet-monyet sebelumnya, monyet D dan E juga tertarik pada pisang yang terdapat diatas tiang tersebut dan mencoba memanjat tiang itu. Monyet C yang melihat hal itu, secara spontan kangsung mencegah keduanya agar tidak naik. “Hai mengapa kami tidak boleh nai?” protes keduanya. Ada teman-teman yang memberitahu saya, bahwa naik ke atas itu berbahaya. Saya juga tidak tahu, ada apa diatas, tetapi lebih baik cari aman saja, jangan keatas deh,” jelas monyet C. Monyet D percaya dan tidak berani untuk mencoba menaiki tiang tersbut, akan tetapi Monyet E yang keras kepala tetap mencoba menaiki tiang tersbut. “Saya ingin tahu, bahaya seperti apa sih, yang ada diatas… Dan kalau ada bahaya, masak iya saya tidak dapat menghindarinya> tegas monyet E. Walaupun sudah dicegah oleh monyet C dan D, monyet E tetap nekad naik… Dan karena memang sudah tidak disemprot lagi, monyet E bisa meraih lisang yang diinginkannya.

Dari cerita kisah motivasi 5 monyet diatas, kita dapat mengambil sebuah pelajaran. Bahwa setiap orang dalam hidup ini mempunyai impian yang tinggi tentang masa depannya, namun sayang. Banyak sekali hal-hal yang terjadi disekitar kita, yang menyebabkan impian kita terkubur. Hanya dengan semangat, fokus dan tindakan luar biasalah, semua itu dapat di capai.

Kita dalam menjalani hidup harus tetap semangat dan optimis, jangan mudah cepat mendengarkan perkataan oranglain, sebelum benar-benar mencoba dan melakukan sesuatu sendiri.

sumber : orangterkayaindonesia.com

Komentar