Jangan Salah, Jalan Kaki Sama Pentingnya dengan Lari

Apakah Anda memiliki hobi berlari? Untuk para runners, mereka akan merasa lebih baik jika mereka berlari lebih cepat dari biasanya. Dengan mengambil jeda untuk berjalan, kadang pelari merasa tidak lebih baik karena hanya berjalan.

Lebih baik tidak harus lebih cepat, bukan mentalitas "better is faster" yang dikedepankan. Riset mengatakan bahwa ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dengan berjalan kaki. Ada juga manfaat yang bisa didapat hanya dari berjalan, bahkan ada bukti bahwa mungkin dapat meningkatkan kemampuan kita dalam berlari.

Masih belum yakin? Di bawah, dikutip dari Huffington Post pada Minggu (18/10/2015), ini adalah beberapa alasan kenapa tidak masalah untuk jeda berjalan kaki saat sedang berlari.

Berjalan tidak mempengaruhi kecepatan kita
Banyak sekali yang mengeluhkan bahwa jika berjalan kaki, kecepatan lari kita bisa berkurang. Tetapi studi tidak berkata demikian. Riset yang dipublikasikan oleh Journal of Science and Medicine in Sport menemukan bahwa pelari yang mengambil jeda 60 detik untuk berjalan kaki memiliki jarak waktu yang sama dengan mereka yang memaksakan untuk berlari sepanjang lomba dan tanpa berjalan kaki, seperti dilaporkan New-York Times.

Membantu kita menjadi pelari yang lebih kuat
Peningkatan kita mungkin bisa tergantung saat kita melambat ketika berlari. Berjalan bisa menguatkan otot dan ketahanan tubuh, seperti dilaporkan Runner's World. Jika tidak ingin melambat saat lari, cobalah tukar jadwal berlari dengan berjalan, dan waktunya dilipatgandakan.

Membantu pemulihan dengan berlari jogging
Siapa yang kerap kekurangan napas ketika berlari? Lari santai membantu tubuh untuk memelihara energi dan mencegah kelelahan pada tubuh jadi kita bisa melewati seluruh sesi olahraga dengan mudah.

Berjalan itu butuh, meskipun kita berpikir tidak demikian
Terkadang kita berpikir bahwa tubuh kita masih kuat untuk menghadapi semua aktivitas, tapi mungkin otot kita tidak setuju dengan hal itu. Sadarilah disaat pemicu yang mengatakan bahwa tubuh butuh istirahat mulai muncul. Anda tidak akan kehilangan waktu meski hanya untuk beristirahat.

Akan sangat membantu jika Anda melakukan latihan dengan penuh ketenangan
Ada alasan bagi Anda untuk berlari dengan rute tertentu, bukan hanya masalah jarak, ya meskipun memang itu berpengaruh. Tetapi, pemandangan yang menawan membuat kita dapat merasakan bagaimana lingkungan menenangkan kita. Hal ini juga bisa diterapkan dengan melakukan latihan treadmill: Berikan sedikit waktu untuk merasakan pikiran-pikiran masuk dan keluar dari kepala kita saat berjalan. Rasakan itu sebagai meditasi berjalan. Secara esensial, kita baru saja menuntaskan dua latihan dalam sekali gerakan, yang satu untuk tubuh dan satu lagi untuk pikiran.


sumber : http://health.detik.com

Komentar